Tridarma perguruan tinggi: pendidikan/ pengajaran, pengabdian dan penelitian

Thursday, February 11, 2016

Workshop Agar Jurnal Terindeks di Google Scholar, DOAJ, dan Scopus

Kegiatan yang diadakan di ruang meeting prodi Pendidikan Fisaka FKIP Universitas Lampung pada hari jumat tanggal 12 Februari 2015, di mulai dengan dibuka dengan sambutan oleh oleh Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UM Metro ; Dr. Nyoto Suseno, M.Pd. selanjutnya sambutan dari Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan oleh Drs. Pertono, M.Pd.

Selanjutnya ke acara inti penyampaian materi : cara publikasi international yang diisi oleh narasumber Bapak Bustanul Anwar, M.Pd. 

Materi secara garis besar berisi : 
Pertama mengunjungi Scimago Journal & Country Rank dengan link www.scimagojr.com/ 

Setelah itu di jendela web tersebut klik Journal rank ; makan muncul jendela berikut ini : 

Setelah itu silahkan pilih subject area : sesuai dengan rumpun jurnal yang diinginkan, selanjutnya lengkapin hingga menu-menu yang lain. lalu klik refrest, makan tabel dibawahnya akan muncul, untuk melihat secara lengkap dapat dengan mengklik download data, maka akan muncul dalam bentuk exel. selamat mencoba.

Scimago Journal & Country Rank adalah merupakan website untuk perankingan jurnal yang ada di dunia. Jurnal yang sudah terindek scopus sudah pasti sudah terindek di web Scimago Journal & Country Rank. Jurnal yang sudah termasuk dalam scimago merupakan jurnal yang bukan predator.

Kemudian setelah itu anda akan memilih journal yang akan anda kunjungi atau cari. silahkan klik pada web scimago atau dengan di copy ke ases link.

Setelah di website journal yang dituju dilanjutkan dan diperhatikan q3 dan q4, selanjutkan perhatikan issn-nya.. karena banyak sekali jurnal yang memiliki nama yang sama

Dalam submit artikel perlu diperhatian:
Petunjuk penulisan 
Regestrasi sebagai anggota 
Mendapatkan user name dan passward 
Login ' 
Submit 
Setelah submit, di masing2 jurnal ada panduan syarat untuk memasukan artikel 
Ketika setelah submit 
Biaya yang ditanggung untuk publikasi di jurnal tersebut 
Waktu pengiriman / submit akan menunggu waktu untuk balasan dari 
batas untuk revisi, biasa cukup singkat. ada pengalaman hanya 2 minggu. tergantung pihak penerbit. 
Untuk submit pilihlah jurnal yang memiliki produktifitas tinggi, misalnya setiap bulan terbit, sehingga peluang untuk masuk atau di termia lebih besar. 
mengutif jurnal yang di web scimago. 
Tahun referensi yang digunakan. 


No comments:

Post a Comment